Friday, 4 December 2015

Keriteria Orang yang Sholat Menurut Surah Al-Ma'arij : 22-35

Assalmualaikum sobat setia blog Pecinta Al-Qur'an. Dalam Al-Qur'an ada yang namanya surah Al-Ma'arij. Ia merupakan juz ke 29, surah ke 70, dan memiliki 40 ayat. Al-Ma'arij memiliki arti "tempat naik". Di dalamnya terkandung beberapa kandungan yang di antaranya menjelaskan tentang Bagaimana sih kreiteria orang-orang yang benar melaksanakan shalatnya??? Penasarankan??? Apakah kita Termasuk ke dalamnya??



http://dikidarussalam.blogspot.com/2015/12/orang-yang-sholat.html
Bisa didengar nih sob audionya (klik main)
Dalam ayat yang ke 22-35 menjelaskan tentang orang-orang yang sholat (mushollin), bahwa orang yang sholat itu ada 8 kriteria : 

  1. Mereka yang tetap setia melaksanakan sholatnya (ayat 23). Maksudnya dia senantiasa melaksanakan sholat tanpa terlewat satu waktu sholat pun sampai akhir hayatnya.
  2. Orang-orang yang dalam hartanya disiapkan bagian tertentu (ayat 24), bagi orang (miskin) yang meminta dan yang tidak meminta (ayat 25). Maksudnya dia akan mensedekahkan dari harta yang diperolehnya, baik sedekah wajib maupun yang tidak wajib kepada orang miskin yang meminta dan yang tidak meminta.
  3. Orang-orang yang mempercayai hari pembalasan (ayat 26). Maksudnya mempercaiyai akan tibanya hari kiyamah yang semua amal perbuatan waktu hidup di dunia akan dibalas.
  4. Orang-orang yang takut terhadap azab Allah (ayat 27), sesungguhnya terhadap azab Allah, tidak ada seorang pun yang merasa aman (dari kedatangannya) (ayat 28)). Maksudnya mereka senantiasa melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya karena mereka takut akan azab yang ditimpakan-Nya akibat kemaksiatan yang diperbuatnya.
  5. Orang-orang yang memelihara kemaluannya (ayat 29), kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki maka sesungguhnya mereka tidak tercela (ayat 30), maka barang siapa mencari di luar itu (seperti zina, homoseks, dan lesbian) mereka itulah orang-orang yang melampaui batas(ayat 31). Maksudnya sangat jelas.
  6. Orang-orang yang memelihara amanat dan janjinya (ayat 32)
  7. Orang-orang yang berpegang teguh pada kesaksiannya (ayat 33)
  8. Orang-orang yang menjaga shalatnya (ayat 34), mereka itu dimuliakan di dalam surga (ayat 35)
Ternyata setelah kita membaca, memahami, dan mentafakuri ternyata shalat yang kita lakukan ini belum bisa merefleksikan yang 8 poin di atas dalam kehidupan sehari-hari. Apakah sholat kita sudah benar???? 
Kedelapan poin ini adalah sebagai pengukur sudah sejauh mana tingkat kebenaran sholat yang kita lakukan. Begitu mulyanya orang-orang yang sholat. Kalau diteliti lebih dalam dalam lagi sholat juga bisa mengantarkan kita menjadi peribadi muslim dermawan yang kaya raya. 
Apakah sobat ingin meraih kekayaan?? maka solusinya sholatlah dengan benar!!! sampai tercermin perilaku kehidupan kita seperti pon-poin di atas.